Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel


Menonton video di TV atau tablet Anda memang sangat mengasyikan terutama kalau lagi menonton film-film layar lebar favorit Anda. Ada banyak cara untuk melihat display telepon Anda bisa dilihat melalui TV.

Anda bisa menikmati foto-foto hp, menonton film, dan lainnya yang biasanya lewat hp, tapi ini bisa melalui layar tv. Hari ini kita akan membahas cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel dan menggunakan kabel.

Di zaman smartphone, kita bisa menyimpan semua file di komputer kecil kita, baik itu foto, spreadsheet, file, video, musik, dan semua jenis file lainnya. Namun, jika Anda ingin berbagi file ini dengan orang lain, mengapa kita harus berkerumun di depan layar hp yang kecil itu, padahal Anda memiliki TV yang luar biasa besarnya.

Ada banyak cara untuk menghubungkan ponsel cerdas Anda ke TV termasuk melalui Bluetooth, WiFi, Kabel, port HDMI, dan VGA.

Layar ponsel cerdas dan tablet kecil memang mengasyikan buat ditonton sendiri, tetapi ketika Anda berada di area keluarga Anda, mengapa tidak menggunakan layar TV Anda yang jauh lebih besar? Berbagi layar Anda dari ponsel ke televisi Anda itu sangat mudah, tetapi ada beberapa pilihan berbeda yang tersedia.

Di artikel ini, Panduan Nonton akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara yang mungkin bisa Anda pakai dan Anda andalkan. Di sini Anda akan belajar bagaimana cara menghubungkan ponsel ke TV menggunakan bluetooth.

Koneksi kabel seringkali lebih dapat diandalkan, tetapi mungkin mengharuskan hp Anda berada dekat dengan TV. Begitu juga koneksi nirkabel, kadang-kadang dapat putus atau disconnect tiba-tiba, tetapi memberikan pengaturan yang lebih cepat dan memungkinkan Anda untuk melakukan tanpa hambatan.

Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Semua orang memiliki smartphone saat ini, dan salah satu kegunaan yang sangat umum untuk komputer saku ini adalah sebagai alat hiburan. Memang, menonton film atau bermain game di layar telepon atau tablet, saat sedang dalam perjalanan, tidak seperti melakukannya di TV atau monitor komputer.

Jika mata Anda terkuras karena melihat ponsel Anda sebagai monitor mungil, Anda akan mendapatkan pengalaman ponsel menjadi berlayar besar dengan menghubungkan ponsel Anda ke layar tv tanpa kabel.

Sangat mudah untuk menghubungkan ponsel cerdas Anda ke Smart TV, salah satunya adalah melalui Wi-Fi. Cara ini memungkinkan Anda melakukan streaming file media dari perangkat Android. Beberapa produsen Smart TV yang populer adalah Samsung, Sony, Philips, LG, dan Panasonic. Beberapa produsen juga memungkinkan koneksi nirkabel langsung ke Smart TV. Anda dapat menggunakan beberapa perangkat streaming langsung seperti Roku TV, Android TV, Chromecast, dll.

Menggunakan Screen Mirroring
Selain cara di atas, ada cara lainnya yang dinamakan mirroring smartphone. Untuk mencerminkan layar ponsel cerdas ke televisi, kriteria yang diperlukan adalah ponsel cerdas Anda dan TV harus mendukung Miracast.

Miracast adalah teknologi yang memungkinkan mirroring layar smartphone kita ke televisi atau layar besar. Saat ini hampir semua ponsel platform yang lebih baru di Android, iPhone dan Blackberry mendukung Miracast. Jika TV Anda tidak mendukung Miracast maka Anda dapat menggunakan dongle Miracast untuk mencerminkan layar ponsel Anda ke TV.


Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel


Beberapa jenis televisi yang dapat digunakan untuk melakukan mirroring layar dan juga cara menyesuaikannya.

Samsung Smart TV
Tekan tombol Source pada remote control TV, lalu pilih opsi Screen Mirroring. Tunggu hingga perangkat Mobile ditemukan, untuk itu segera aktifkan fitur Miracast di ponsel. Untuk proses pemindaian durasinya adalah 2 menit, jadi jika gagal terhubung coba lakukan lagi.

LG SMART TV
Pilih tombol Beranda di perangkat jarak jauh TV, lalu pilih opsi Jaringan. Kemudian pilih opsi Miracast dan aktifkan fitur. Ketika TV mulai memindai, maka segera aktifkan fitur Wireless Display atau Miracast di ponsel Android Anda.

Sony Bravia Smart TV
Tekan tombol INPUT pada remote TV Sony lalu pilih opsi Screen Mirroring. Gunakan tombol turun bawah untuk mengambil tindakan untuk memilih opsi. Setelah mengaktifkan opsi mirorring layar, segera aktifkan fitur miracast di ponsel Anda sehingga segera terdeteksi oleh TV.

Sekarang kita lanjutkan ke pengaturan pada ponsel Android sebab masing-masing ponsel akan berbeda settingannya tergantung pada versi android dan jenis ponsel, jadi lihat tips untuk pengaturan di bawah ini.

LENOVO
Masuk ke menu pengaturan> Perangkat> Tampilan> Layar Nirkabel. Kemudian aktifkan fitur Wireless Display, kemudian ketika televisi sudah dalam posisi pemindaian seperti yang dijelaskan admin di atas.

ASUS Zenfone
Masuk ke menu pengaturan> Nirkabel dan jaringan> Lainnya, lalu pilih Play to. Akan muncul 'pilih drive' dan nama TV smart Anda akan muncul, pilih perangkat.

LG OPTIMUS
Masuk ke pengaturan menu> Nirkabel dan jaringan> Lainnya. Kemudian klik Miracast, dan tunggu sebentar sampai pemindaian menunjukkan nama TV Anda dan pilih nama TV yang ditampilkan

Nexus
Masukkan Pilihan Pengaturan> Tampilan> Layar Cast. Pada ikon menu silakan klik More. Di kotak samping silakan 'Aktifkan tampilan nirkabel' untuk menghidupkan fitur. Tunggu hingga pemindaian TV pintar Anda berhasil, lalu klik nama TV yang akan dihubungkan.

SAMSUNG GALAXY
Masuk ke menu pengaturan> Nirkabel dan jaringan> Pengaturan lainnya> Allshare cast. Nah, di bagian connect and share, silakan klik Screen Mirroring. Tunggu hingga pemindaian berlangsung dan menampilkan nama TV pintar Anda dan klik nama TV tersebut. Jika sukses terhubung maka segera tampilan android akan terlihat di layar TV Anda.

VANDROID
Masuk ke menu Pengaturan> Tampilan> Wirelles. Silakan aktifkan dan tunggu pemindaian TV pintar Anda muncul. Jika nama TV muncul, silakan klik dan jika berhasil, Anda akan melihat tampilan Android Anda di layar TV

Xiaomi
Masuk ke pengaturan> Lalu masukkan 'lagi ...' Klik opsi Wireless Display dan geser slider ke ON. Tunggu beberapa saat selama proses pemindaian dan jika nama smart TV Anda muncul, silakan klik.

Menggunakan Aplikasi Google Cast Enabled
Hubungkan TV dan tablet ke jaringan Wi-Fi yang sama. Agar mirroring (casting) layar berfungsi, tablet atau smartphone dan Smart TV harus berada di jaringan nirkabel yang sama. Jika Anda menggunakan perangkat TV seperti Google Chromecast, Roku, atau Amazon Fire, hubungkan TV yang diatur ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan tablet atau smartphone.

Menggunakan remote TV Anda, tekan tombol "Home" untuk membuka layar beranda TV. Jika Anda menggunakan TV biasa, bukan smart tv, tekan tombol "Source" pada remote TV dan pilih sumber HDMI yang terhubung dengan kotak set.

Buka aplikasi yang mendukung Google Cast di tablet atau smartphone Anda. Google Cast didukung oleh banyak aplikasi populer, termasuk Netflix, YouTube, Hulu, HBO Go, Spotify, Pandora, Foto Google, Google Play Music, dan banyak lagi.

Pilih video, foto, atau lagu, tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan, pilih media yang ingin Anda mainkan. Ini bisa berupa video YouTube, acara Netflix, lagu Spotify, atau apa pun aplikasi yang tersedia.

Ketuk ikon "Cast" yang berada di sudut kanan atas aplikasi. Ikon menyerupai layar TV dengan gelombang di sudut kiri bawah. Ini menampilkan daftar perangkat yang akan digunakan.

Ketuk perangkat yang akan digunakan. Semua perangkat yang kompatibel yang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama akan ditampilkan dalam daftar perangkat. Ini termasuk TV pintar, TV box, dan konsol permainan video.

Biarkan semenit untuk tablet atau ponsel cerdas Anda terhubung ke TV Anda. Kemudian Anda dapat menggunakan tablet atau ponsel cerdas Anda untuk mengontrol pemutaran di TV Anda. Untuk berhenti casting, ketuk ikon casting di sudut kanan atas dan kemudian ketuk "Stop Casting".

Itulah beberapa cara menghubungkan atau menyambungkan hp ke tv tanpa menggunkan kabel data alias tanpa kabel.

Sumber :
https://tricksmaze.com/how-to-connect-phone-to-tv/
https://www.prijector.com/articles/How_to_connect_a_smartphone_to_TV_wirelessly.html
https://www.duniaandroid.com/2017/11/cara-menghubungkan-android-ke-tv-tanpa.html
https://www.detikinfo.com/2017/11/cara-menyambungkan-android-ke-tv-tanpa.html


Tag : tv tanpa kabel
Back To Top