Modifikasi Antena Telkomvision jadi Parabola Biasa


Bagaimana cara me modifikasi antena telkomvision, indovision dan sebangsanya jadi parabola biasa Ternyata mudah, tentunya bagi mereka yang suka uprak-oprek parabola, tapi akan susah bagi yang tak terbiasa.

Yang dimodifikasi disini jelas bukan penampangnya tapi bagian LNB-nya yakni mengganti LNB yang biasa dipakai Telkomvision dan temannya menjadi LNB biasa. Kemudian receivernya juga perlu diganti karena receiver Telkomvision dudah disetting pabrik khusus siaran berlangganan.

Langsung saja ke tema, untuk melakukan modifikasi ini Anda harus menyiapkan :
- penampang atau dish antena bekas Telkomvision atau yang lainnya
- LNB Ku band dengan ringnya
- Receiver digital parabola biasa
- TV
- gergasi besi
- kabel coaksial
- obeng
- bor

Modifikasi Antena Telkomvision jadi Parabola Biasa


Selanjutnya kita mulai proses memodifikasi antena Telkomvision tersebut menjadi antena Ku-Band, karena sebelumnya kita ketahui bahwa antena Telkomvision merupakan S band.

Yang perlu dimodifikasi disini adalah di penyangga antena Telkomvision tersebut, dengan memotong di ujung penyangga antena (tiang pokus) sekitar 2 inch.

Sesudah dipotong, kemudian beri lobang pada penyangga tiang focus tersebut yang sudah kita potong tadi mengunakan bor yang fungsinya untuk meletakkan ring LNB tersebut. Perhatikan dua baut di bawah LNB yang harus di lobang

Pasang ring LNB Ku-Band, dan pasang juga  LNBnya, perhatikan angka pada LNB 0 (nol), pasang dengan tegak lurus menghadap ke arah matahari terbit.

Pasang kabel koaksial dari LNB ke receiver dan juga kabel RCA ke input TV. Terakhir adalah proses pointing antena. Saat inilah kita harus sedikit kerja keras karena membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan focus sinyal dari satellite.

Caranya, arahkan posisi piring antena Telkomvision tersebut ke timur arah matahari terbit. Di sini anda harus bisa memfokuskan antena agar bisa mendapatkan sinyal yang dipancarkan frekuensinya dari satellite itu sendiri.

Artikel lainnya :
antena indovision jadi antena tv biasa
cara memasang lnb ku band di dish indovision
receiver indovision tanpa kartu
- receiver telkomvision untuk parabola biasa
- parabola telkomvision menggunakan receiver matrix
- modifikasi parabola bekas indovision untuk palapa
- cara merubah parabola indovision menjadi antena biasa
- merubah receiver indovision menjadi receiver biasa
- lnb c band telkomvision
- memanfaatkan parabola bekas untuk internet
- memanfaatkan parabola bekas big tv

Sumber :
http://www.saifulcomelektronik.com/2015/02/experiment-modifikasi-antena-indovision.html


Back To Top