Cara Mencari Siaran Antv yang Hilang di Set Top Box Tanaka


Cara Mencari Siaran Antv yang Hilang di Set Top Box Tanaka - Karena siaran ANTV banyak diminati oleh pengguna, maka dari itu ANTV beralih dari TV analog ke TV digital. Sayang sekali, karena baru-baru ini muncul masalah yaitu hilangnya siaran ANTV di set top box.

Pada umumnya mereka yang menggunakan TV digital sering mengalami masalah siaran TV yang hilang. Alasan utamanya karena lokasi tidak mendapatkan sinyal dan jauh dari pemancar sinyal.

Pasalnya berbagai macam merk set top box kini memiliki kemampuan untuk memindai siaran ANTV tergantung lokasinya masing-masing. Apalagi, beberapa merek belum mendapatkan jangkauan sinyal TV digital di seluruh Indonesia.

Karena itu, pengguna sangat menyayangkan jika beralih ke TV digital mengalami masalah dengan sinyal lokasi. Karena siaran ANTV hanya tersedia di area tertentu saja. Di bawah ini adalah beberapa faktor dan penyebab hilangnya siaran ANTV.

Faktor Penyebab Siaran ANTV Hilang

Beberapa faktor penyebab hilangnya siaran ANTV biasanya adalah letak area yang tidak terjangkau sinyal set top box. Sehingga antena tidak dapat menangkap sinyal digital secara maksimal. Karena antena set top box sangat berpengaruh dengan jumlah siaran channel TV.

Jika contoh masalah di atas tidak dialami oleh pengguna, kemungkinan ada beberapa faktor yang menyebabkan siaran ANTV hilang di set top box. Di bawah ini adalah beberapa faktor dan penyebab hilangnya siaran ANTV.

1. Pemeliharaan siaran ANTV

Faktor pertama yang menyebabkan siaran ANTV menghilang adalah pemeliharaan siaran ANTV secara keseluruhan. Sehingga pengguna set top box tidak bisa menikmati siaran ANTV secara maksimal.

Sedangkan untuk maintenance siaran ANTV biasanya diumumkan sehari sebelumnya. Karena untuk menghindari hilangnya pelanggan tetap siaran ANTV. Jika siaran ANTV sudah terjadwal, maka akan dilakukan di hari lain saat maintenance selesai.

2. Posisi Antena Salah

Jika tidak ada perawatan untuk siaran ANTV, kemungkinan besar faktor penyebab selanjutnya adalah posisi antena yang salah. Sehingga antena tidak dapat menangkap sinyal digital secara maksimal. Selain itu kualitas dan model antena juga sangat mempengaruhi jumlah siaran TV.

Pengguna layanan siaran ANTV yang menggunakan set top box disarankan menggunakan antena outdoor dan posisi yang tinggi. Karena antena outdoor memiliki kemampuan menangkap sinyal frekuensi yang lebih baik dibandingkan antena indoor.

Cara Mencari Siaran Antv yang Hilang di Set Top Box Tanaka


Cara Menemukan Siaran ANTV yang Hilang di Set Top Box

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab ANTV hilang siaran di set top box. Pastinya Anda belum puas dan belum berhasil menemukan siaran ANTV lagi. Namun, untuk melakukan langkah-langkah di bawah ini, jangan terburu-buru.

Karena cara di bawah ini sedikit riskan, misalnya dengan melakukan scan ulang broadcast, update software set top box, dan reset set top box. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah mencari siaran ANTV yang hilang di set top box.

1. Telusuri Ulang Siaran ANTV

Langkah pertama untuk memulihkan siaran ANTV yang hilang adalah dengan memindai ulang siaran ANTV di set top box Anda. Perlu diketahui, setiap model set top box memiliki cara rescanning siaran ANTV yang berbeda.

Tapi jangan khawatir, karena pada umumnya untuk menelusuri ulang siaran ANTV ada di menu Setting tepatnya di bagian program. Sebagai contoh saya berikan langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Hubungkan dekoder ke TV.
  • Pasang antena ke set top box.
  • Nyalakan set top box dan TV.
  • Tekan menu pada remote set top box lalu pilih search.
  • Jika sudah, pilih auto search kemudian tekan OK pada remote set top box.
  • Tunggu proses scan ulang siaran ANTV di TV digital sampai selesai.

2. Gunakan Antena Luar Ruangan

Karena pengguna siaran TV digital masih menggunakan antena dalam ruangan, siaran ANTV sering menghilang. Memang antena dalam ruangan sangat sederhana, namun jangkauan sinyalnya kurang bagus karena banyak kendala di dalam ruangan.

Jika Anda menggunakan antena luar ruangan, Anda akan mendapatkan jangkauan sinyal yang lebih baik dan lebih luas. Perlu diketahui, jika mendapatkan sinyal 50-90 persen akan mendapatkan kualitas gambar terbaik.

3. Atur Ulang Set Kotak Atas

Jika cara diatas masih belum mendapatkan siaran ANTV kembali, maka langkah terakhir adalah melakukan reset set top box. Jika Anda mereset set top box, siaran TV akan dipindai ulang.

Reset set top box biasanya digunakan bagi pengguna yang mengalami masalah pada sistem set top box atau sering kehilangan channel TV. Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset set top box.

  • Menyalakan TV.
  • Masuk ke menu Tentang.
  • Pilih Reset Data Pabrik.
  • Masukkan kata kunci.
  • Silahkan tunggu proses reset set top box tipe indihome, sampai selesai.

Nah, setelah membaca pembahasan iteachandroid.com mengenai cara mencari siaran ANTV yang hilang di set top box. Kemungkinan Anda pernah mengalami masalah ini dan berhasil menemukan caranya pada pembahasan di atas dengan benar.

Sumber artikel dan gambar : https://www.iteachandroid.com/cara-mencari-siaran-antv-yang-hilang-di-set-top-box/



Tag : set top box, Siaran Antv
Back To Top