Antv Digital Channel 26


Antv Digital Channel 26 -  Jadi begini cerita sederhananya. Saat ini pemerintah sedang melakukan migrasi siaran televisi gratis atau televisi Free to Air (bukan televisi berlangganan yang menggunakan parabola atau kabel optik), yaitu televisi yang biasa ditonton menggunakan antena UHF dari frekuensi analog ke digital. Kenapa harus migrasi ke digital…?

Frekuensi gelombang elektromagnetik yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan seperti penyiaran radio, televisi, telepon seluler, satelit, dan lain-lain pada dasarnya merupakan sumber daya alam yang terbatas. 

Oleh karena itu, penggunaannya diatur oleh negara dan dipergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan manusia. Nah terkait perkembangan teknologi, seperti kebutuhan akan teknologi nirkabel baru seperti 5G dan lain sebagainya, serta ternyata sistem penyiaran TV melalui teknologi analog ternyata hanya membuang-buang sumber daya frekuensi gelombang saja. 

Diputuskan bahwa lembaga penyiaran televisi harus beralih ke teknologi digital yang lebih efisien dalam penggunaan frekuensi. sekaligus memiliki kualitas siaran yang lebih baik.

Nah, kalau tidak salah, mulai Agustus lalu, masyarakat diminta beralih dari "menangkap" siaran TV analog ke siaran lewat digital.

Untuk dapat menangkap siaran TV digital dapat dianalogikan seperti handphone pada saat digunakan untuk berpindah dari jaringan 2G ke 3G atau 4G...peralatan yang diperlukan antara lain :

  • Televisi Digital. Jika TV kita sudah digital dari suaranya, maka tinggal scan saja dan otomatis bisa menangkap siaran TV digital
  • STB=Set Top Box... jadi kita membutuhkan alat ini jika kita memiliki TV lama atau analog tetapi kita akan menangkap siaran digital. Bentuknya kotak kecil yang terhubung ke antena dan ke TV
  • Antena UHF biasa seperti yang kita gunakan selama ini.

Jadi kalau ada informasi ANTV Digital Channel 26, berarti siaran digital ANTV disiarkan di channel 26. Untuk menangkapnya seperti cerita saya di atas. Jika TV kita digital, yang harus kita lakukan adalah memindai secara otomatis, kita akan menemukan semua salurannya. Namun jika TV masih analog lama membutuhkan perangkat STB, maka tinggal scan channel seperti di atas.

Sumber artikel : https://id.quora.com/Apa-yang-dimaksud-dengan-ANTV-Digital-Chanel-26



Tag : Antv Digital
Back To Top