Cara Membuat Antena TV Sederhana Berkualitas Tinggi


 Untuk mendapatkan antena pada saat ini sebenarnya sangat mudah untuk anda dapatkan. Anda hanya perlu mencarinya di toko elektronik di sekitar rumah agar bisa menemukan antena yang diinginkan.

Anda bisa menemukan antena tersebut dengan berbagai bentuk dan juga dengan harga yang bervariasi. Namun selain membelinya, Anda juga bisa membuat antena sendiri. Dengan bentuknya yang sederhana, Anda dapat membuat antena ini dengan sangat mudah walaupun Anda tidak memiliki keahlian di bidang elektronika.

Bahan dalam pembuatan antena ini juga sangat mudah ditemukan di toko elektronik di sekitar rumah Anda. Selain lebih murah, kualitas antena yang akan kami buat tidak kalah kualitasnya dengan antena yang sudah siap pakai.

Cara membuat antena tv sederhana berkualitas tinggi tidaklah sulit. Cara ini bahkan tidak membutuhkan banyak biaya. Kalau mau bisa membuatnya dengan gratis dan mudah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang sering kita temukan setiap hari.

Anda dapat membuat antena TV dari bahan atau barang sederhana, seperti tutup panci, plat nomor motor bekas atau barang sederhana lainnya dengan sangat mudah.

Jika Anda tidak memiliki dana lebih, maka cara ini adalah cara yang paling tepat dan terbaik untuk Anda gunakan. Anda dapat membuat antena TV yang berkualitas dan jernih tanpa banyak modal.

Pembuatan antena TV sederhana ini tidak hanya dari segi nilai ekonomisnya saja, tapi juga kita bisa berkreasi dan lebih kreatif dari hasil tangan kita sendiri.

Tentunya juga akan membuat nilai dan makna tersendiri bagi kita selama proses pembuatan antena TV sederhana ini, apalagi jika kita sudah melihat hasil yang cukup baik maka kita akan semakin merasa puas dengan hasil karya kita sendiri.

Beberapa keuntungan dari membuat sendiri antena tv sederhana namun berkualitas tinggi adalah biaya lebih murah dan terjangkau, ukuran antena tv sederhana ini bisa kita sesuaikan dengan ruangan dan bisa tahan lama dan tidak mudah berkarat karena material yang digunakan adalah aluminium.

Cara Membuat Antena TV Sederhana dari Alumunium

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat antena sederhana ini adalah plat Alumunium dengan ukuran 1 meter yang bisa kita dapatkan di toko bangunan, kabel antena TV dan juga konektor antena TV, baut dan paku secukupnya, gunting seng, obeng dan tang.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memotong plat alumunium segi empat dengan ukuran 50 cm X 35 cm yang akan kita buat sebagai penutup antena TV sederhana, sedangkan sisa plat kita potong menjadi bentuk dan ukuran seperti gambar.

Cara Membuat Antena TV Sederhana Berkualitas Tinggi

Jika semua plat alumunium sudah dipotong sesuai ukurannya masing-masing, maka rakit plat alumunium seperti gambar dibawah ini.


Sedangkan pada tuas atau inti antena antara plat aluminium 1 dan plat aluminium 2 disambungkan dengan kabel antena yang akan disambungkan ke konektor antena TV. Untuk jarak dan koneksi kabel seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Tinggi Rakit semua pelat aluminium menggunakan baut dan pasangkan dengan erat agar pelat aluminium antena TV sederhana tidak bergeser atau berubah posisi. Jika semua sudah selesai dirakit maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Antena TV Sederhana Berkualitas Tinggi

Tinggi Antena TV sederhana sekarang sudah siap. Periksa kembali dan pastikan semua plat alumunium menempel dengan kuat dan erat agar plat alumunium tersebut kuat terhadap angin.

Jika Anda memasang antena TV sederhana di luar rumah, periksa juga apakah kabel antena terpasang atau disambungkan ke pelat aluminium dengan erat. Jika ingin menambah perangkat atau booster tambahan, sesuaikan posisi booster dekat dengan antena TV sederhana atau kurang lebih 1/2 hingga 1 meter dari antena TV sederhana.

Cara Membuat Antena TV Sederhana dari Seng

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat antena TV sederhana dengan kualitas yang baik adalah dengan menggunakan seng. Seng yang Anda gunakan bisa berupa seng baru atau bekas yang masih layak pakai.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat antena TV sederhana dengan kualitas yang baik dan kejernihan yang jelas, siapkan beberapa alat dan bahan yang akan Anda perlukan untuk membuatnya, seperti gunting, solder, timah, pisau pemotong, 2 buah sekrup 2 cm, mur baut 2 mm, kayu reng dan botol bekas yang sudah dipotong berukuran 11 cm, colokan kabel koaksial ke TV, kabel koaksial impedansi 75 ohm dengan panjang 5 meter dan seng talang seng berukuran 0,5 meter x 0,5 meter.

Langkah-langkah membuat antena tv sederhana

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah diperpersiapkan dengan baik, maka sekarang Anda bisa memulai proses cara membuat antena TV sederhana dan berkualitas tinggi. Potong seng menjadi 2 bagian dengan bentuk trapesium sama kaki.

Tempelkan salah satu bagian seng tadi ke botol di bagian belakang. Pasang menggunakan baut dan pastikan terpasang dengan kuat. Letakkan 1 potong seng lagi di sisi berlawanan pada arah sebelumnya.

Amankan posisi menggunakan mur dan baut. Pasang kabel koaksial impedansi ke seng dengan menghubungkannya melalui lubang botol bekas. Pasang kabel ke seng menggunakan solder dan timah.

Colokkan kabel koaksial ke TV di ujung kabel impedansi koaksial. Selesai, sekarang antena sudah siap untuk Anda gunakan.

Cara Membuat Antena TV Sederhana dari Kaleng

Selain bisa menggunakan seng, Anda juga bisa membuat antena TV dari kaleng bekas. Cara yang satu ini bukan hanya menghemat biaya, tapi kamu bisa membuatnya secara gratis. Cara membuatnya pun mudah.

Anda hanya perlu beberapa kaleng fanta bekas atau sejenisnya yang bisa Anda ambil di jalanan. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tahapan pembuatannya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Pertama, kamu siapkan dulu bahan yang kamu butuhkan untuk membuatnya. Untuk membuat antena TV sederhana yang bagus dan berkualitas, siapkan bahan-bahan seperti kaleng alumunium bekas Fanto atau Semprote 4 buah, lakban, kabel antena, pisau pemotong, tiang kayu kecil, paku dan palu atau Anda bisa menggunakan baut.

Langkah-langkah membuat antena tv sederhana

Jika Anda sudah mempersiapkan semua bahan dan alat dengan baik, maka yang harus Anda lakukan hanyalah memulai proses pembuatannya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat antena TV dengan menggunakan bahan sederhana dari kaleng tetapi akan menjadi antena yang berkualitas.

Pertama buat penyangga antena dengan kayu lalu buat dukungan dengan tanda plus di setiap ujungnya. Kemudian letakkan kaleng di masing-masing penyangga. Amankan kaleng dengan baut atau paku.

Hubungkan setiap kaleng menggunakan kabel antena dan rekatkan kabel dengan rapi. Pastikan tidak ada kabel yang keluar dan terbuka.

Nah itulah cara membuat antena TV sederhana dengan menggunakan bahan yang mudah dan murah bahkan gratis. Cara ini bisa Anda gunakan untuk membuat antena dengan budget yang minim.

Baca juga : 6 Rekomendasi Antena TV



Tag : antena tv
Back To Top