Cara Memasang LNB KU Band di Dish Indovision


Informasi tentang cara memasang LNB KU band di dish Indovision ini Saya ambil sumbernya dari blog Kurajin. Menurut Bang Akhyar, penulis blog tersebut, cara memasang LNB di piringan bekas Indovision ini ada 2 cara yakni tanpa menggunakan braket dan yang menggunakan braket. Bagaimana perbedaanya ? Mari simak ulasannya.

Cara memasang LNB KU band di dish Indovision tanpa pakai braket

Untuk mempraktekkan cara ini, Anda membutuhkan beberapa peralatan sederhana.  Peralatan yang harus disiapkan antara lain :
- Baut 12 beserta mur-nya.
- Bor atau pisau
- Obeng minus

Bagaimana cara bikinnya ? Pertama, lubangi bagian belakang LNB Ku band dengan bor. Kalau nggak ada, ambil saja pisau tajam dari dapur.  Lubang yang dibuat harus seukuran baut 12. Selanjutnya, buka cangkang plastik LNB, lalu letakkan baut di dalam LNB. Tutup kembali cangkang plastik LNB dan pasang LNB ke tiang mounting di dish Indovision.


Cara Memasang LNB KU Band di Dish Indovision


Dengan menggunaka cara ini, maka Anda akan lebih hemat karena nggak uasah membeli braket. Begitu juga posisi LNB bisa benar-benar ada di titik fokus, sama seperti ketika dish menggunakan LNB tipe S-Band dari Indovision, namun kedalaman LNB-nya tidak bisa diatur.

Yang mesti diperhatikan adalah jika salah menempatkan posisi LNB, maka berakibat bisa kemasukan air jika hujan.  Solusinya harus diberi tutup agar tidak ada air yang masuk.

Cara memasang LNB KU band di dish Indovision tanpa pakai braket

Untuk mempraktekkan cara ini, Anda harus menyiapkan :
- obeng
- lakban
- braket LNB KU. 

Bagaimana cara bikinnya ? Pertama, pasang LNB ke bracket dengan menggunakan obeng. Ikat bracket LNB ke tiang fokus Dish Indovision menggunakan lakban atau bisa juga diikat dengan kabel ties.




Hanya saja dengan cara ini, posisi LNB jadi sedikit bergeser ke atas.  Tidak benar-benar berada di titik fokus.  Namun karena signal satelit KU Band di Indonesia cukup kuat, maka hal ini tidak masalah.  Palingan, intensitas sinyal menurun beberapa persen saja dan tidak mempengaruhi kualitas gambar.

Selain 2 cara di atas, dalam blog Siaran Satelit, ada juga satu cara lain sebagai alternatif. Bahan yang harus disediakan adalah plat besi. Besi tersebut bisa diambil dari lengan samping penguat tiang utama di dish Indovision.

Jika nggak ada, bisa pakai besi lain yang ukuranya hampir sama dan tak terlalu tebal, agar mudah di lipat dan di lubangi untuk tempat baut.



Apabila Anda menggunakan dish Indovision asli, yang pada ujung LNB-nya agak melengkung, maka gunakan plat besi ukuran 12 - 15 cm (garis kuning). Jika memakai plat ini, langsung saja di potong tidak usah di lipat.

Jika Anda menggunakan dish big tv untuk memasang dish S Band Indovision yang di tambahkan LNB ku band Ninmedia, maka ukuran platnya adalah 50 cm yang di lipat (garis merah dan biru), sehingga posisinya berdampingan antara LNB S Band Indovision dan LNB Ku Band NInmedia.

Selanjutnya lubangi plat tersebut dengan bor besi atau paku sampai muat ukuran baut LNB S band Indovision tersebut. Rangkailah seperti pada gambar di atas. Posisi LNB Ku Band ada di sebelah timur LNB S Band dengan jarak yang sangat dekat, hampir menempel. Jangan lupa posisikan LNB Ku Band berada diantara 180 dan 210 pada grid belakang LNB S Band seperti pada gambar di bawah ini.



Demikianlah sedikit informasi tentang cara pasang lnb ku band di dish Indovision baik yang pakai braket maupun yang tidak. Semoga Anda tidak pusing, sebab Saya pun yang nulis agak pusing dan bingung kalau tanpa praktek mah. Jadi mendingan praktek dulu ya.


Tag : dish indovision, lnb ku band
Back To Top