Cara Hemat Kuota Saat Nonton Youtube


Seberapa sering Anda menonton video di YouTube untuk mengisi akhir pekan? Menonton video di internet telah menjadi kebiasaan generasi terbaru untuk mendapatkan informasi. Mulai dari ulasan produk atau layanan, melihat cuplikan film, menonton serial drama Korea, untuk belajar segala sesuatu, semuanya dilakukan dengan streaming video.

Namun sayangnya, terlalu banyak video streaming bisa membuat dompet kita pecah. Pahami itu, karena video akan menyerap kuota internet yang tidak kecil. Untungnya, ada beberapa strategi atau cara hemat yang bisa Anda terapkan bagi penghobi nonton video Youtube yang tidak menguras kuota Internet Anda.

Pilih video yang sedang dibutuhkan
Ketika Anda membuka halaman Youtube, maka Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam video yang siap diputar dan semuanya sangat menarik untuk ditonton. Nah, kalau Anda sedang berjuang untuk menghemat kuota, kesampingkan list video tersebut, tapi cari video yang sekiranya sedang Anda butuhkan saat ini. Kalau Anda sedang membutuhkan pembelajaran cara nyari duit di internet, silahkan cari video yang tersebut dengan mengetiknya di ruang bagian pencarian Youtube.

Pilih video yang trending
Jika seandainya Anda sedang tidak membutuhkan tutorial dari Youtube, dan hanya sekedar mencari hiburan, cobalah begitu halaman Youtube terbuka, segera klik bagian video trending. Di situ Anda bisa melihat 50 daftar video yang sedang ramai dan banyak ditonton. Pilihlah sesuai dengan passion Anda, jangan ditonton semua. Jika Anda suka ilmu pengetahuan, pilih video yang berhubungan dengan tema tersebut. Jika Anda suka agama, pilih video-video yang berhubungan misalnya ceramah dan lainnya. Hindari video trending yang tidak bermanfaat seperti video tentang gosip artis, perselingkuhan, porno, perdebatan dan lain sebagainya. Setelah itu, segera tutup halaman Youtube Anda. Batasi saja misalnya 2-3 video berdurasi sedang sekali sesi nonton. Unscribe channel-channel yang sama sekali tidak bermanfaat dan tidak meningkatkan kehidupan, kesejahteraan dan ilmu Anda.

Gunakan aplikasi penyimpanan data
Jika Anda menggunakan internet di smartpon Anda, Anda dapat memangkas data yang diserap oleh aktivitas video streaming dan membuat kuota data Anda bertahan lebih lama. Gunakan aplikasi streaming youtube hemat kuota data seperti Opera Max untuk mengurangi data yang diserap saat menonton video. Bagaimana bisa? Opera Max memiliki fitur kompresi data, sehingga bisa menghemat data internet bulanan tanpa mengurangi kualitas gambar atau video yang terekam. Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu Anda menyimpan data saat mendownload gambar dan membuka situs web. Ketika Anda lagi onton video di YouTube, maka aplikasi ini bisa menolong Anda menghemat 50-60 persen data Anda, dan melacak setiap megabyte yang Anda simpan. Untuk memudahkan server Opera Max memaksimalkan penggunaan data internet bulanan Anda, Anda harus melakukan pre-registration atau daftar menjadi pengguna Opera Max. Hal ini dimaksudkan agar Opera Max bisa bekerja optimal melalui smartphone android Anda. Informasi seputar aplikasi ini bisa dilihat di link ini.

Mengunakan browser penghemat data
Tidak semua browser memiliki fitur ini. Anda bisa mencoba menggunakan Opera Mini untuk menghemat data dan mengaktifkan fitur Video Boost.

Tetapkan batas penggunaan data
Dengan menetapkan batas pemakaian data Anda, maka hal ini menjadi solusi paling gampang dalam membantu menyimpan data ketika menonton video di YouTube. Di ponsel Android Anda, Anda bisa masuk ke menu pengaturan telepon Anda, dan mengatur pilihan penggunaan data. Aktifkan peringatan "Beri tahu saya tentang penggunaan data" sehingga Anda akan diberitahu tentang berapa banyak data yang Anda gunakan.

Turunkan kualitas video yang ditonton
Jika Anda menonton video menggunakan ponsel atau tablet yang layarnya tidak begitu besar, Anda sebenarnya tidak memerlukan video beresolusi tinggi. Beberapa platform video streaming menyediakan opsi untuk mengubah kualitas video, sehingga Anda dapat menyimpan data saat menonton. Di situs YouTube, misalnya, Anda dapat menurunkan kualitas video dengan menekan menu titik tiga, dan menekan opsi kualitas untuk menurunkannya.

Simpan video yang sering ditonton
Kalau Anda suka nonton video yang itu-itu juga secara berulang, video musik misalnya, maka lebih baik Anda menyimpan video tersebut ke mode offline di YouTube. Hal ini akan sangat membantu Anda menghemat kuota internet. Video yang Anda simpan tidak memerlukan koneksi Internet jika Anda ingin menontonnya lagi.

Gunakan koneksi Wi-Fi saat menonton video
Jika Anda ingin menyimpan data Anda, aturan yang paling sederhana adalah jangan menggunakan data untuk aktivitas yang menyedot kuota besar seperti menonton video di internet. Anda bisa menonton saat terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Namun, untuk mengakses internet secara gratis melalui WiFi Network, tentunya Anda harus pergi ke tempat tertentu seperti cafĂ©, restaurant, sekolah atau tempat lain yang menyediakan wifi gratis. Dan untuk pergi ke tempat seperti itu pastinya tidak mungkin dilakukan setiap hari, mungkin hanya dilakukan pada hari libur saja.

Pilih durasi video terpendek
Mengakses YouTube memungkinkan pengguna menonton berbagai video yang tersedia. Namun, ada kondisi pengguna punya pilihan apakah akan membuka video panjang atau pendek. Agar lebih bisa menyimpan data kuota, pengguna bisa memilih video dengan durasi terpendek. Caranya jika Anda sedang mencari video sesuatu tema tertentu, maka di bagian atas ada fitur Filter. Pilih saja fitur tersebut, nanti akan muncul pilihan fitur lainnya. Anda bisa memilih fitur durasi video yang kurang dari 4 menit saja.

Manfaatkan fitur daftar putar
Dari sekian banyak fitur yang tersedia di aplikasi yang bisa Anda manfaatkan dari youtube adalah fitur playlist, dengan fitur ini Anda akan dengan mudah menemukan video yang diinginkan dan lebih mudah bagi Anda untuk membuka video yang Anda inginkan. Kini dengan fitur yang satu ini pasti akan menekan penggunaan jatah internet untuk melakukan pencarian video.

Hapus atau nonaktifkan iklan
Bagi mereka yang menggunakan video di YouTube akan melihat ulasan iklan mereka di video baik dalam bentuk iklan hamparan atau dalam bentuk iklan banner yang muncul di bagian bawah video yang Anda tonton. Iklan-iklan ini biasanya akan menggunakan lebih banyak kuota internet jika Anda tidak membuangnya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diungkit sehingga ulasan iklan ini tidak muncul di layar ponsel.

Itulah beberapa trik bagaimana cara hemat kuota saat streaming tv atau nonton video Youtube di laptop atau android sehingga hanya mengurangi sedikit kuota internet. (Sumber : Labana, Okezone, Forguides.)


Tag : nonton youtube
Back To Top