Antena TV Segala Arah


Inilah beberapa penampakan antena tv segala arah yang banyak dijual di pasaran.

Antena TV Digital OMNI DS Segala Arah


Antena TV Digital OMNI DS Segala Arah

Antena ini bisa di luar atau bisa di dalam. Uniknya tidak perlu memakai daya listruk. Namanya OMNI DS-1 360 Multi Directional TV Antenna, merupakan antena TV biasa yang bisa bekerja pada TV Analog dan Digital

Omni directional adalah system penerimaan antena yang bisa menerima dari segala arah sehingga kiat tidak perlu memutar arah antena untuk mendapatkan signal terbaik. OMNI DS-01 juga sangat ringan karena hanya mempunyai berat kurang dari tiga ons sehingga instalasinya sangat mudah.

Material plastiknya tahan cuaca dengan pengujian UV Resistant bisa diatas 2 tahun. Spesifikasi lainyya adalah :
- CHANNEL : DTV 470-862MHz & DMB 88-240MHz . FM
- Gain : 8 dBi
- VSWR : Less then 2
- Impedance : 75 Ohm

Harga antena tv segala arah di atas di pasar online Indonesia dijual di kisaran 200 ribuan. Coba kunjungi toko online untuk mendapatkan harga terupdate.

Antena TV Segala Arah LIPI


Antena TV Segala Arah LIPI


Tak ketinggalan LIPI telah membuat Antena Penerima TV UHF segala arah yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang kesulitan menerima siaran TV di saluran UHF. Antena penerima TV dari segala arah ini dirancang dan diimplementasikan dalam bentuk antena sederhana yang terdiri dari dua elemen aktif tanpa reflektor atau dilengkapi dengan satu atau dua reflektor sesuai dengan tuntutan kualitas penerimaan di lapangan.

Ada beberapa faktor yang membedakan antena ini dari antena biasa. Antena LIPI ini dapat menerima sinyal yang lebih besar dan dari berbagai arah, sehingga kualitas gambar dan suara lebih baik, hambatan angin lebih kecil, lebih ringan, dan cara pemasangannya lebih mudah, dan dapat dipasang di dalam ruangan.

Keuntungan lainnya meliputi desain antena sederhana, cara membuatnya cukup mudah, tidak memerlukan tiang penyangga yang besar dan berat, dan tidak membutuhkan lokasi yang besar.

Antena ini dapat menerima siaran dari dua arah dengan kekuatan penerimaan yang memadai dan dapat diatur arahnya, sehingga dapat menerima siaran TV dari berbagai arah secara bersamaan. Dalam penggunaan di lapangan, setelah antena dipasang dengan penerimaan sinyal yang baik, arah ini akan tetap, sehingga elemen tidak perlu diputar-putar lagi.

Dengan desain antena yang sangat sederhana dan dengan bahan baku yang digunakan pun tidak mahal, maka membuat harga jual antena penerima segala arah ini relatif murah. Hanya saja, untuk saat ini, antena penerima segala arah ini baru diproduksi di LIPI Bandung. Jika Anda ingin mendapatkannya, Anda dapat menghubungi LIPI Pusat di Jakarta dan kemudian meneruskan ke LIPI Bandung.

Antena TV Segala Arah (DIY) Buatan Sendiri
Jika Anda punya bahan baku seng nisplang yang tidak terpakai lagi, lebih baik gunakan untuk membuat antena tv segala arah. Lebih lengkapnya, material yang diperlukan adalah :
- Seng nisplang 1 meter
- Baut dan paku
- Kayu balok
- Kabel antena

Dan alat yang mesti disiapkan adalah :
- Gunting seng
- Palu
- Obeng


Setelah semua alat dan bahan siap, potonglah seng menjadi potongan-potongan untuk membentuk skema seperti gambar di bawah ini. 

Antena TV Segala Arah

Sekarang, jika seng telah dipotong sesuai dengan skema gambar di atas, susunlah potongan-potongan seng seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Antena TV Segala Arah (DIY) Buatan Sendiri


Sampai tahap ini, antena sebenarnya siap digunakan dan siap untuk pengujian. Pastikan sambungan kabel driver dan kabel jack harus kencang dan pastikan kabel nempel pada seng, jika perlu disolder supaya tak lepas.

Selanjutnya, pasang atau posisikan antena pada ketinggian yang tepat sehingga dapat menerima sinyal dengan benar. Perhatikan kualitas kabel yang disediakan karena kabel antena juga dapat mempengaruhi kualitas penangkapan sinyal.

Dengan demikian selesailah sudah informasi tentang antena tv segala arah ini. Nantikan pula artikel lainnya tentang :


Back To Top